Kebebasan Berekspresi (di) Internet


Internet adalah suatu media informasi komputer yang merupakan teknologi tercanggih saat ini. Dengan internet, kita dapat melakukan semua aktivitas yang sulit dilakukan secara biasa, mulai dari menonton televisi, mendengarkan radio, membaca berita, mengirim email, atau chatting. Semua itu bisa dilakukan dengan media internet

Kebebasan Berekspresi di Dunia Maya mungkin Bisa disebut Kewajiban diera Modern ini. kebebasan berekspresi yang fositif sekaranga ini sangat di perlukan untuk generasi muda yang selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, Berinternet yang Fositip, Aman dan Sehat perlu di tingkatkan bisa juga mencangkup sosial Kemanusiaan, Silahturahmi, Pengetahuan, Pendidikan, Bisnis, Hukum, dsb.
Banyak kasus yang muncul tentang persoalan di Internet (Dunia Maya) tentang Pro ataupun Kontra, bayak contoh kasus tentang pornografi, pencemaran nama baik, sebenarnya banyak juga kasus-kasus yang patut di acungkan jempol misalnya tentang Sosial Kemanusiaan. Seperti yang terdapat pada film Linimas(s)a yang sangat luar biasa.


Apa manfaat dengan adanya kebebasan berekspresi via Internet di Indonesia?
Jawanya banyak bahkan tidak terhingga jawaban untuk pertanyaan ini, Internet merupakan sarana yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan dalam mecari informasi yang kita inginkan. Di Internet, kita dapat mencari barang kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Berita dan beragam informasi lain yang diperlukan dapat kita temukan di internet, termasuk hiburan. Cara yang digunakanpun sangat mudah, hanya dengan mengetik kata yang kita ingin cari. Manfaatnya bisa mencangkup sosial/Kemanusiaan, Silahturahmi, Pengetahuan/Pendidikan, Hukum, Bisnis, dsb.  

Internet sebagai Sumber Sosial/Kemanusiaan
Memanfaatkan dunia maya untuk ajang sosila/kemnusian untuk Beramal, hanya sekedar meringankan sodara-sodara kita yang terkena musibah contohnya adalah pengumpulan koin untuk prita ketika
terkait surat protes elektronik Prita yang dialamatkan pada Rumah Sakit Omni Internasional disaat seorang wanita meminta keadilan dipertegakan.

Internet sebagai Sumber Silahturahmi/Pertemanan 
Dunia Maya juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk berkomunikasi saling bersilahturahmi, banyak jejaring sosial yang menyediakan komunitas untuk bisa saling Bersilahturahmi/Pertemanan seperti Myspace, Friendster, Flickr, Facebook, Skype, Twitter, Internet Messenger. Situs Pertemanan atau Jejaring Sosial adalah sebuah situs yang mengizinkan penggunanya yang telah terdaftar untuk saling berhubungan dan berkomunikasi melalui halaman profil yang bisa dikustomisasi oleh pengguna yang bersangkutan.

§         MySpace
Myspace merupakan situs jariangan sosila populer yang menawarkan jaringan antarteman, propfil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Setiap hari, ada ribuan orang yang mengunjungi situs tersebut, termasuk para pembuat film, musisi, penyayi, artis, pencarispiritual, vegetarian, serta mereka yang ingin mencari persahabatan. Kantor MySpace terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.
 
§         Friendster
Friendster sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Situs ini merupakan web komunikasi pertemanan online pertama yang muncul di internet. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Pada awalnya, friendster berbasis di Inggris, lalu menyebar ke Amerika, Eropa, dan Asia. Friendster dikelola perusahaan friendster Inc. Dan berkantor pusat di silicon Valley, California, Amerika Serikat.

§         Flickr
Merupkan layanan web gratis yang menyediakan tempat untuk upload-download foto dan gambar di internet. Flickr lebih menyerupai blog poto karena di sini setiap pengguna bisa saling berbagi poto dengan fasilitas yang mudah dan menyenangkan. Flickrsendiri pada awalnya merupakan perusahaan indenpenden, tetapi sekarang telah dakusisi oleh grup yahoo.

§         Facebook
Facebook merupakan situs aringan sosial di Internet. Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg dan resmi diluncurkan 4 Februari 2004. Awalnya, keanggotaan facebook dibatasi untuk siswa Harvard college. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaan diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, dan Turfts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk Lvy League. Banyak perguruan tinggi lain akhirnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun wakru satu tahun.

§         Twitter
"Tweet" adalah istilah untuk maksimal 140 karakter pesan yang diposting di kegugupan. Untuk tweeting untuk menjadi efektif, hal itu harus dilakukan secara sistematis, dengan posting yang dibuat setiap hari. Untuk rata-rata pemilik bisnis atau eksekutif pemasaran, hal ini dapat sangat tidak praktis karena waktu yang diperlukan. Untungnya, teknologi menyediakan cara untuk menyelesaikan sesuatu lebih cepat. didirikan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone. Pada tahun 2006 Williams dan Biz Stone mendirikan Obvious Corp bersama dengan Odeo mantan karyawan Sejak pembentukannya pada tahun 2006, Twitter telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Twitter adalah yang paling cepat berkembang mikroblogging gratis software yang memungkinkan anda untuk tetap berhubungan dengan orang


§         Skype
Skype merupakan software aplikasi komunikasi suara berbasis ip malalui internet antara sesama pengguna skype. Pada saat menggunakan skype maka penggunan skype yang sedang online akan mencari pengguna skype lainya, lalu membangun jaringan. Sofware ini juga dilengkapi dengan skypeOut dan skypeIn yang memungkinkan pengguna skype berhubungan dengan pengguna telepon Konversional dan telepon genggam.

§         Internet Messenger
Internet messenger merupakan suatu layanan pengiriman pesan secara online tanpa delay (kalau ada biasanya hanya beberapa detik) yang saling berhubungan dua arah secara langsung. Dalam penggunaan internet massengger, masing-masing pengguna terlebih dahulu harus sudah tercatatdalam daftar teman teman dari teman yang akan di ajak chating.


Internet Sebagai Sumber Pengetahuan/Pendidikan
pada zaman yang serba modern seperti sekarang, setiap hari selalu di temukan hal-hal baru. Nukan hanya inovasi produk yang mempermudah kehidupan manusia, ilmu pengetahuan pun mengalami banyak kemajuan yang berarti peubahan-perubahan ini selalu dilaporkan kepada khalayak secara terus-menerus. Biasanya, media internet merupakan media pertama yang mempublikasikan kemajuan-kemajuan ini.
Sekarang Banyak Artikel yang bisa kita cari di Internet, untuk mengerjakan tugas sekolah dsb. Untuk mendapatkan berita terbaru ilmu pengetahuan, ada banyak situs yang bisa menjadi acuan kita, seperti www.livescience.com, www.iptek.net, www.beritaiptek.com, www.planet-science.com, www.wikipedia.org. Yang menampilkan ilmu pengetahuan khusus dalam menampilkan informasi bidang kesehatan, lingkungan, satwa, teknologi, dan antariksa.

Seperti halnya ilmu pengetahuan, Hukum juga bisa kita kuap inpormasinya di internet dengan mecari situs Hukum bisa disebut juga dengan blawgs tau blog laws yang membahas persoalan tentang hukum atau urusan tentang Hukum, seperti Internet juga memiliki hukum tau uu (Undang-undang). 

Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE) mengatur berbagai perlindungan hukum atas kegiatan yang memanfaatkan internet sebagai medianya, baik transaksi maupun pemanfaatan informasinya. Pada UUITE ini juga diatur berbagai ancaman hukuman bagi kejahatan melalui internet. UUITE mengakomodir kebutuhan para pelaku bisnis di internet dan masyarakat pada umumnya guna mendapatkan kepastian hukum, dengan diakuinya bukti elektronik dan tanda tangan digital sebagai bukti yang sah di pengadilan.

Penyusunan materi UUITE tidak terlepas dari dua naskah akademis yang disusun oleh dua institusi pendidikan yakni Unpad dan UI. Tim Unpad ditunjuk oleh Departemen Komunikasi dan Informasi sedangkan Tim UI oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Pada penyusunannya, Tim Unpad bekerjasama dengan para pakar di ITB yang kemudian menamai naskah akademisnya dengan RUU Pemanfaatan Teknologi Informasi (RUU PTI). Sedangkan Tim UI menamai naskah akademisnya dengan RUU Transaksi Elektronik.

Kedua naskah akademis tersebut pada akhirnya digabung dan disesuaikan kembali oleh Tim yang dipimpin Prof. Ahmad M Ramli SH (atas nama pemerintah), sehingga namanya menjadi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana disahkan oleh DPR



Tidak sedikit orang memanfaatkan internet untuk sarana Bisnis, banyak situs yang menyediakan layanan perikalanan, perdagangan, jasa, dsb. Contonya seperti www.tokobagus.com, www.ebay.com, dsb


masih banyak hal menarik lain di internet yang bisa dieksplorasi. Kita bisa mencari uang di internet. melalui internet kita bisa mendapatkan film, musick, bahkan program terbaru melalui situs-situs yang menyediakan fsilitas download (unduh) gratis. tidak cuma itu, kita pun bisa berbelanja di internet. ya, internet menyediakan berbagai barang dan jasa yang kita butuhkan. kunjungi saja toko-toko online.
selain berbelanja, kita dapat berbisnis di internet. tidak hanya toko pline, situs-situs bisnis menjadi wadah kita dalam menjaring rekan. internat juga bisa menjadi teman kita saat bekerja untuk mendapatkan berita aktual disini kita mendapat manfaat lain seperti komunitas (forum), download games, hingga konsultasi.selain berita, internet menjadi media hiburan, seperti youtube, okezone, dan kapanlagi.com.
agar tidak sisebut gaptek (gagap teknologi), kunjungi situs-situs iptek. informasi-informasinya dijamin membuat kita uptudate pada segala macam yang terjadi saat ini.


dari berbagai sumber
Sumber Reprensi : Buku karya M. Rizki . Menjelajah Internet . Cahaya Pustaka Raga

7 komentar:

KEBERSAMAAN mengatakan...

sip adiku semoga menang ........... cayo!!!

Jodi mengatakan...

terima kasih a atas komenya .....

pramuka mengatakan...

benar ka memang manfaat diinternet itu banyak ....
saya juga merasakan manfaat yang sama ....

Fuji's Blog mengatakan...

waduh kang ajo semakin jago aja.... smoga mnang....

Jodi mengatakan...

ia terima kasih atas sanjunganya kang fuji ....
buat anak pramuka tanks ...

Lharaz Angel mengatakan...

Teruslah berekspresi kawan :)

Jodi mengatakan...

terima kasih ..... atas komenya ea
saya tidak akan berhenti berekspresi yang fositip di internet .....

Posting Komentar

Koment ea sobat
kamu kamu Komen Saya Follow

Alexa

nama